ARTIFICIAL INTELLIGENCE

 

Pedahuluan

Pernahkan kalian menonton film yang berjudul Artificial Intelligence, Star Wars? Atau pernahkan kalian membaca buku dan komik-komik yang menggambarkan sesosok robot buatan manusia yang bisa berbicara dan berteman dengan manusia?

Di Zaman teknologi yang semakin maju, Artificial Intteligence atau kecerdasan buatan  bukanlah hal yang asing lagi bagi kita.   Apalagi kalau kita tinggal di negara-negara maju kita akan sering menemukan kecerdasan buatan ini. Teknologi berkembang ini memang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk membantu manusia.

Lantas apakah nantinya Artificial Intelligence ini akan memberikan imlikasi yang baik atau buruk?

Pembahasan

I. Apa Itu Artificial intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan buatan adalah diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Berikut beberapa definisi dari para ahli mengenai kecerdasan buatan

  • H.A.Simon (1897) :

Kecerdasan buatan (AI) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.

  • Rich and Knight (1991) :

Kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat di lakukan lebih baik oleh manusia.

  • Encyclopedia britannica :

Kecerdasan buatan(AI) merupakan cabang ilmu dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol dari pada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristik atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Tujuan utama dibuatnya AI adalah untuk membuat mesin yang cerdas dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.

Artificial mempunyai 4 konsep penelitian, yaitu:

PERMAINAN (Game)

· Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan

aturan.

· Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang.

· Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang

merupakan sesuatu yang rumit.

· Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC.

· Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic

NATURAL LANGUAGE

Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk

memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi

dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari -hari.

ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR

Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan

sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu

sistem yang luas yang disebut sistem robotik.

EXPERT SYSTEM

Sistem pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis komputer

yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar

dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.

 

I. Sejarah

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika.

Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.

Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

I. Perkembangan

Kecerdasan buatanpun sudah dikembangkan  di berbagai bidang , mulai dari bidang kesehatan, permainan (game), sampai militer . Saya akan mengambil 2 contoh negara yang menggunakan dan terus mengembangkan teknologi Artifficial Intelligence.

a. Amerika

Militer Amerika sangat mengandalkan teknologi dalam berperang, seperti pesawat tanpa awak, robot deteksi bom, bahkan amerika sedang mengembangkan proyek humanoid dengan nama BEAR (Battlefield Extraction-Assist Robot) yang dirancang untuk menyelamatkan korban dalam peperangan dan membawa sampai ke batas aman. Serta dapat mengetahui letak benda-benda brbahaya seperti kimia, bom, dll.

a. Jepang

 

Negara ini adalah negara yang paling terkenal dengan robotik buatannya.

Salah satu jenis robot terkenal buatan jepang adalah Actroid.

Actroid merupakan sebuah robot humanoid (Teknologi yang dibuat memiliki kemiripan dengan bentuk manusia) yang dikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd. Pertama kali diperkenalkan tahun 2003 pada Pameran Robot Internasional di Tokyo, Jepang. Beberapa versi yang berbeda dari produk yang telah diproduksi sejak saat itu. Pembuatan robot ini diciptakan layaknya seorang wanita muda beketurunan Jepang.

Selain itu pada tahun 2010 Jepang mengeluarkan robot Hospi yang digunakan di rumah sakit. Tugas robot ini hanya satu, yakni mendistribusikan dan mengambil obat dari perawat. Ada beberapa sensor di dalam robot ini yang memastikan ia mampu untuk menelusuri koridor rumah sakit yang panjang tanpa insiden dan itu termasuk menghindari benda-benda bergerak lainnya.

PENUTUP

I. Kesimpulan

Artificial intelligence merupakan hasil karya manusia yang luar biasa cerdas dan sulit diungkapkan dengan kata-kata. AI memang sudah banyak memberikan kemudahan-kemudahan bagi manusia. Dengan adanya AI pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat.

II. Saran

Dengan adanya AI apakah tidak takut kalau suatu saat AI bisa menggantikan posisi manusia. Atau mungkin karena terlalu cerdasnya para AI akan membahayakan manusia. Untuk itu satan saya untuk para scientist lebih memperhatikan sisi positif dan negatif dari AI mereka. dipikirkan kedepannya karya mereka akan berguna atau malah merusak.

 

 

 

~ by Henny Tandiono on April 6, 2011.

Leave a comment