GOOGLE

 

Pendahuluan

Semua  orang yang pernah menggunakan internet pasti saja mengenal search engine satu ini. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya yang paling serig digunakan oleh para pengguna internet. Menurut survey  sebanyak 53,6%  pengguna google, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).

Selain dikenal dengan manfaatnya google juga memiliki sejarah yang unik. Hanya dari sebuah garasi kecil google bisa berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dan penting.

Google merupakan perusahaan besar di Amerika dengan penghasilan sekitar $21 Milyar di tahun 2008 dan ditargetkan mencapai $40 Milyar di tahun 2009 ini.Penghasilan sebesar itu 99,9% diperoleh dari periklanan yang tersebar hampir di semua aspek dunia maya. Google yang mempunyai misi awal untuk “menyatukan semua informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah diakses serta berguna” ini memang kini memang menjadi “bintang” di dunia internet.

Setiap tahunnya Google juga tidak pernah berhenti untuk berinovasi dalam meluncurkan aplikasi dan produk-produk terbarunya; seperti : Gmail, Google translator, Blogger, Youtube,  Google Chrome, Google Maps, Google Earth, dan yang paling terbaru Android.

Pembahasan

I.     Sejarah Google

Google merupakan refleksi dari kata Googlo. Kata Googlo sendiri  diciptakan oleh Milton Sirotta, seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas.

Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.

Dari perbincangan singkat antara Sergey dan Larry tentang mesin pencari yang ada di internet, kedua orang ini sepakat untuk menciptakan mesin pencari yang lebih efektif. Setelah beberapa lama melakukan riset, akhirnya pada tahun 1996 mereka berhasil menciptakan mesin pencari yang kemudian diberi nama Backrub. Mereka terus menyempurnakan mesin pencari Backrub dan mulai mencari investor untuk proyek mereka.

Untuk dapat mewujudkan keinginan tersebut, mereka memerlukan suatu tempat berteduh agar mereka dapat bekerja dengan nyaman. Kemudian mulai dicarilah sebuah tempat bagi mereka untuk memulai pekerjaannnya, hingga kemudian mereka menemukan sebuah garasi milik Susan Wojcicki di Menlo Park Resident.

 

Dengan hanya membayar $1700 dollar Amerika perbulan kepada Susan sebagai biaya sewa, mereka  sepakat untuk memulai usahanya di garasi tersebut.

 

Saat pertama kali Susan sama sekali tidak menyangka, bahwa pekerjaan dua orang bersahabat ini akan bertahan selama bertahun-tahun, bahkan berkembang menjadi sebuah perusahaan raksasa. Susan sendiri mengaku mengenal Brin melalui temannya yang kebetulan berkencan dengan Brin. Saat ini Susan menjabat sebagai Google’s Very Own Vice President dari Divisi Pengembangan Produk.

Selama lima bulan mereka memulai membangun Google di garasi tersebut, dan garasi tersebut telah menjadi rumah kedua bagi mereka. Selama itu pula Page dan Brin juga mempunyai kebiasaan ‘menggasak’ isi kulkas Susan, dankebiasaan ini pulalah yang kemudian mengispirasi Google untuk menyediakan ‘smorgasbord’ atau makanan gratis bagi delapan ribu karyawannya di setiap hari penggajian, di setiap bulannya.

 

I.      Perkembangan

Google yang dulu hanya dikenal sebagai web pencari data kini telah berkembang menjadi web nomor satu yang dikunjungi oleh masyarakat dunia. Seiring berjalannya waktu Google terus melebarkan sayapnya dari masa ke masa. Hampir setiap tahun kita akan dibuat  terpukau oleh launchingan produk atau aplikasi terbaru dari google.

Berikut ini adalah beberapa produk yang berhasil dikembangakan dan diluncurkan oleh google:

–       Web Search (21 September 1999), merupakan produk inti Google dan merupakan mesin pencarian yang paling popular dan sering digunakan di internet. Menerima hingga 1 milyar permintaan setiap harinya.

–       Gmail (2004) , Google Mail atau yang disebut juga Gmail mencuri perhatian pengguna internet dengan kapasitas penyimpanannya yang besar. Dan kini Gmail termasuk dalam salah satu situs penyedia layanan email gratis terpopuler

–       Blogger ,adalah sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

–       Google Translator, adalah layanan yang disediakan untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Tanggal 25 September 2008, Google Terjemahan telah memasukkan Bahasa Indonesia ke dalam pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan.

–       Google Chrome, sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan mesin WebKit tata letak dan kerangka aplikasi. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan rilis stabil publik pada tanggal 11 Desember 2008. Nama ini berasal dari kerangka antarmuka pengguna grafis, atau “krom”, browser web. Pada Januari 2011, Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan ketiga

–       Google Earth, Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005

–       Youtube, pada tanggal 9 oktober 2006 resmi dibeli oleh Google dengan harga US$ 1, 65 milliar.

–       Android, adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. . Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

II. Dibalik layar Kesuksesan Google

Google dikenal dengan etos kerjanya yang santai. Berdasarkan pada filosofi perusahaan ini : “Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal”, “Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam,” dan “Bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan.”

Mereka percaya dengan dibentuknya suasana kerja yang menyenangkan, maka akan memotivasi semangat dan kreativitas para pekerjanya untuk bekerja lebih giat dan mencintai pekerjaanya.

 

Berikut ini adalah gambar bagaimana Google menata ruang kerjanya:

 

Penutup

I. Kesimpulan

Dari hasil review artikel tentang Google ini, saya dapat menyimpulkan kalau untuk menjadi sebuah perusahaan besar seperti Google tidaklah mudah. Kita dituntut harus terus berinovasi dan berpikir “what’s the next” . Dan harus memikirkan apa yang competitor tidak punya, seperti ketika maraknya Blackberry, Google berhasil mencuri perhatian masyarakat dengan kemunculan Androidnya.

II. Saran

Akankah lebih baik kalau Google membuat websitenya dimana user bisa berhubungan langsung dengan mereka. seperti ada forum Tanya jawab di dalamanya, ada info mengenai sejarah dan perkembangannya, call center nya, dll.

 

~ by Henny Tandiono on April 6, 2011.

Leave a comment