The New Communication Technology

Pendahuluan

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan Teknologi Informasi sangat mempengaruhi Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi Internet telah merubah cara orang berkomunikasi.

TIK sendiri mempunyai aplikasi-aplikasi yang bisa memberikan implikasi yang positif maupun negatif bagi penggunanya.

 

Pembahasan

I. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.Perbedaan teknologi Informasi dan teknologi komunikasi:
Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

II. Aplikasi

TIK ini sebenarnya sangat luas karena TIK sendiri dapat di aplikasikan ke dalam berbagai bidang, seperti bidang pendidikan, dan berbagai bidang informasi dan teknologi yang telah menggunakan teknologi untuk mempermudah kegiatan mereka (seperti : PR, Adverstising, Broadcasting -> tidak bisa lepas dari teknologi).

Saya akan memberi sedikit gambaran aplikasi TIK dalam pendidikan. Dalam duniapendidikan sekarang seperti di BINUS sendiri contohnya kita telah mendengar beberapa istilah yang baru dalam pendidikan, seperti:

a.    E- Learning

Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar.

E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

è Seperti ketika GSLC kita menggunakan sistem E-learning yaitu berdiskusi di dalam diskusi forum binusmaya yang bisa di akses dimana saja tanpa harus duduk di dalam kelas.

b.    Distance Learning

Distance learning hampir mirip dengan E-learning, sama seperti Home Schooling yang kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja tanpa harus terikat oleh jarak dan waktu. Banyak mahasiswa Indonesia yang mengambil sistem pendidikan ini. Seperti contohnya Dosen saya (Pak Andreas Chang), beliau pernah bercerita kalau dia sedang mengambil program S3nya di salah satu Universitas Australia dan menggunakan sistem distance learning ini. Jadi beliau tidak perlu pindah ke Australia untuk belajar di Universitas tersebut. Beliau cukup mengakses nya dan berkomunikasi dengan dosennya yang di Australia dari Indonesia.

Bukan hanya dalam pendidikan dalam bidang komunikasi sendiri, kita sudah bisa melihat adanya aplikasi TIK dalam setiap kegiatan mereka. seperti Kompas yang memiliki E-paper. Jadi kita tidak perlu membeli Koran, kita cukup membuka websitenya http://epaper.kompas.com/ kita bisa langsung menikmati Koran digital tersebut secara free.

III. Implikasi

Tentunya segala sesuatu pasti mempunyai sisi poritif dan negatifnya. TIK sendiri sangat membantu sekali dalam kemudahan kita untuk mengakses segala sesuatunya apalagi pada masa globalisasi ini. Tetapi apabila tidak digunakan dengan baik atau tidak dipelajari dengan baik maka dapat menyebabkn dampak yang negatif.

Segi negatif

Contohnya bisa kita baca dalam pembahasan artikel di bawah ini:

Selain itu bukan masalah prita saja. Seperti kasus video porno Ariel peterpan dengan Artis Luna maya dan Cut tari yang dengan cepat bisa terbesar dan heboh karena pengaruh teknologi yang terlalu canggih juga. Sanking canggihnya orang-orang dengan mudah bisa mengetahuinya. Tidak sampai sejam video tersebut di post dalam youtube, topic tersebut sudah menjadi trending topic di twitter.

Segi Positif

  • Kita bisa dengan mudah mendapatkan sebuah informasi. Contohnya Detik.com hampir setiap detik kita bisa tau keadaan atau peristiwa yang hot/ yang terjadi dengan begitu cepatnya.

  • Mempermudah kita untuk berhubungan jarak jauh. Contohnya ketika long distance dengan pacar kita bisa berkomunikasi dan bertatap muka dengan webcam di YM.
  • kita juga bisa menyalurkan bakat kita, misalanya ketika kita senang menyanyi kita bisa mengupload video kita dan disharekan ke dalam youtube, apabila kita berbakat menulis kita bisa menuangkan karya-karya kita ke dalam blog.
  • dan masih banyak sisi positif lainnya.

PENUTUP

I. Kesimpulan

Pada Era globalisasi ini kita harus berterima kasih dengan para ahli teknologi yang bisa menciptakan alat-alat teknologi yang cangih karena kita tidak bisa hidup tanpa teknologi. Dan dengan adanya TIK kita menjadi mudah dalam melakukan segala kegiatan. Sehingga ada yang bilang jika tidak ingin tertinggal maka anda harus bisa mempelajari dan mengakses teknologi yang sudah ada.

II. Saran

Sebaiknya kita bisa mencari solusi untuk memperkecil adanya implikasi-implikasi negatif dalam penggunaan TKI. Seperti memberikan pengwasan, bimbingan, dan pembelajaran agar TIK bisa digunakan secara baik dan tepat sesuai dengan tujuan awal diciptakannya TIK tersebut.

~ by Henny Tandiono on April 6, 2011.

Leave a comment